[REVIEW] OASEA Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum | Bintang Mahayana

Thursday, November 25, 2021
Holla!
Di postingan kali ini gue akan review Oasea Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum dari brand lokal yang hari ini Soft Launching (25-26 November 2021) di MSBB dan akan grand launching pada 27 November 2021. Mungkin buat kalian yang sempat ikutan acara AVO Future League Summit 2021 kemarin sudah tahu nih, kalau Oasea memang akan hadir di dunia beauty. Tetapi bagi kalian yang nggak sempat ikutan, jangan khawatir karena kita akan kepoin sama-sama brand dan produk pertama yang mereka luncurkan ini.
Keep on reading! :)



OASEA-Oceanus-Squalane-+-Tranexamic-Acid-Face-Oil-Serum-Review-packaging
OASEA Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum
Sumber Gambar: Personal Doc./ Bintang Mahayana, 2021



ABOUT THE BRAND

OASEA merupakan brand yang baru diluncurkan oleh PT AVO Innovation Technology, yaitu suatu perusahaan bidang kecantikan yang menaungi brand lokal Avoskin, Looke Cosmetic, dan Lacoco. Nah, Oasea sendiri merupakan sister brand dari Looke Cosmetic. Biasanya kita tahu kalau Looke khas dengan produk-produk make-up yang banyak jadi holy grail para beauty enthusiasts. Tetapi, melalui Oasea, kini hadirlah produk skincare. Brand ini pertama kali dikenalkan pada publik lewat Virtual Booth di acara AVO Future League Summit tanggal 9-10 Oktober 2021 lalu.


Sebenarnya apa sih, value yang ingin dihadirkan oleh Oasea? Faktanya, nama Oasea sendiri berasal dari kata "Oasis" dan "Sea". Sehingga, di awal kemunculannya, Oasea melakukan kampanye tentang menjaga kelestarian laut. Termasuk melindungi hewan-hewan laut yang kerap kali menjadi korban beauty industry yang ingin memanfaatkannya sebagai bahan baku pembuatan produk-produk kecantikan :( Sedih banget, kan? Sebagai orang yg suka jalan-jalan ke laut dan pantai menikmati keindahan alam, aku percaya kalau cantik itu tidak perlu merusak alam maupun menyakiti sesama makhluk hidup lainnya.


Dokumentasi liburan menikmati keindahan alam laut Indonesia
Sumber Gambar: Personal Doc./ Bintang Mahayana, 2020


Tahu, nggak, sih? Ternyata, Squalane yang selama ini kita kerap jumpai dalam produk skincare itu ada yang berasal dari squalane hiu, loh! Tetapi, Oasea yang sadar bahwa kecantikan tidak seharusnya mengorbankan keindahan serta kelestarian biota laut, menghadirkan OASEA Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum yang menggunakan Olive Oil-derived Squalane. Sehingga, dapat dipastikan produknya 100% Vegan Friendly!





PRODUCT DETAILS

OASEA Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum merupakan dual-phase face oil serum pertama di Indonesia yang membantu untuk melembabkan dengan Olive Oil-derived Squalane serta membantu menyamarkan dark spot dan discoloration dengan Tranexamic Acid dan Bicowhite® Complex tanpa terasa greasy. Bisa digunakan sebagai pengganti moisturizer atau digunakan sebelum/ sesudah pelembab untuk mendapatkan extra moisture dengan hasil wajah yang glowing.


OASEA-Oceanus-Squalane-+-Tranexamic-Acid-Face-Oil-Serum-Review-packaging-bintangmahayana-com
OASEA Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum
Sumber Gambar: Personal Doc./ Bintang Mahayana, 2021



Nama Produk: OASEA Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum
Nama Brand: Oasea Powered by Looke
Negara Asal: Indonesia
Jenis Produk: Face Oil Serum
Ukuran: 20ml
Waktu Pemakaian: AM-PM (Pagi dan Malam)
Urutan Pemakaian: Setelah Moisturizer, sebelum Sunscreen
Harga Produk: Rp259.000,00
Harga/ml: Rp12.950,00
Where to Buy: MSBB ID (www.myskinbutbetter.com)




INGREDIENTS

Aqua, Triheptanoin, C13-15 Alkane, Butylene Glycol, Squalane, Propanediol, Dicaprylyl Ether, Vaccinium Myrtillus Seed Oil, 1,2-Hexanediol, Cyclodextrin, Lecithin, Lysolecithin, Euterpe Oleracea Fruit Extract, Caprylhydroxamic Acid, Ananas Sativus Fruit Extract, Tranexamic Acid, 3-O-Ethyl Ascorbic Acid, Niacinamide, Potassium Azeloyl Diglycinate, Phenetyl Alcohol, Bisabolol, Tocopheryl Acetate, Caprylyl Glycol, Phytic Acid.


__    Active Ingredients

__    Alcohol

__    Antioxidant

__    Essential Oils

__    Humectant






PACKAGING


OASEA-oceanus-squalane-+-tranexamic-acid-face-oil-serum-bintangmahayana-com
OASEA Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum
Sumber Gambar: Personal Doc./ Bintang Mahayana, 2021


Packaging Face Oil Serum ini hadir dengan botol pipet tekan berbahan akrilik buram dan pipet putih plastik. Sebenarnya bentuk pipet seperti ini memudahkan untuk pengambilan produknya. Hanya saja entah punya gue kebagian yang deffect, pipet putihnya itu gampang cracking. Untungnya tube-nya sendiri aman yaa.

Untuk packaging luarnya, produk ini dilengkapi dengan biodegradable paper box yang juga dilengkapi molding untuk menahan botol produk tidak mudah bergerak selama dalam perjalanan. Waktu datang, paketnya dibungkus dengan kardus dan net dari kertas. Jadi, produknya tidak mudah bergerak plus lebih ramah lingkungan karena tidak perlu pakai bubble wrap.




FRAGRANCE

Produk Oasea ini tidak mengandung fragrance sama sekali. Namun masih ada alcohol di urutan akhir ingredient list. Tetapi, tidak tercium bau alkohol saat digunakan. Wanginya cenderung dominan seperti wangi Squalane pada umumnya. Tetapi cenderung hampir tidak ada bau sama sekali.




TEXTURE

OASEA-Oceanus-Squalane-+-Tranexamic-Acid-Face-Oil-Serum-Texture-bintangmahayana-com
Tekstur Face Oil Serum
Sumber Gambar: Personal Doc./ Bintang Mahayana, 2021

Teksturnya sangat ringan. Meskipun namanya adalah Face Oil Serum, tetapi runny seperti air dengan sedikit oil-feeling tanpa terasa greasy di kulit. Produk ini cocok bagi semua jenis kulit dan tidak membuat gerah meskipun digunakan setelah moisturizer sebelum sunscreen.





pH LEVEL & SKIN ANALYZER TEST

pH produk OASEA Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum adalah kisaran pH6.0-7.0. Dengan bukti eksperimen menggunakan kertas lakmus (Universal Test Paper) dan hasil Skin Analyzer OASEA Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum dengan hanya menggunakan single product pada salah satu sisi wajah adalah sebagai berikut.



pH-level-oasea-squalane-tranexamic-acid-serum
Hasil Tes pH Level dan Skin Analyzer
Sumber Gambar: Personal Doc./ Bintang Mahayana, 2021






EFFECTIVENESS

Gue pakai produk ini kurang lebih selama 15 hari no skip baik AM maupun PM. Sampai baru sadar waktu produknya mau habis baru deh foto-foto produk :') Sebenarnya kalau untuk masalah jerawat aktif, selama masa pemakaian kulit gue tidak ada masalah jerawat. 


Hanya sempat ada beberapa PIE (Post Inflammatory Erythema) atau bekas jerawat kemerahan. Masalah yang paling dominan adalah PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation) atau bekas jerawat kehitaman. Untuk progress pemakaiannya bisa dilihat di foto di bawah ini.



Before-after-oasea-squalane-tranexamic-acid
Before-After 15 hari pemakaian 
OASEA Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum
Sumber Gambar: Personal Doc./ Bintang Mahayana, 2021




FINAL VERDICT

Pros (+)
+ Teksturnya ringan dan mudah meresap ke dalam kulit.

+ Bisa digunakan untuk skipcare di pagi hari, dilanjutkan dengan emakaian sunscreen.

+ Cukup baik dalam mengatasi PIE dan PIH ringan.

+ Melembabkan kulit sekaligus memberi lapisan oklusif. Terutama saat malam hari. Sehingga kulit tetap lembab saat bangun tidur di pagi hari.

+ Lumayan ada manfaatnya ke dark circles di bawah mata.



Cons (-)
- Size nya terlalu mini hehe. Semoga OASEA bisa bikin size besarnya yaa. Terlalu cepat habis jadinya kalau dipakai setiap hari. Saran, bisa dibuat ukuran sekitar 50ml. Supaya ga terlalu sayang kalau mau dipakai di badan yang terkadang muncul hiperpigmentasi juga.

- Untuk kemasan pipetnya bisa dibuat desain yang lebih simetris dengan badan botol supaya terlihat lebih mewah. Bahan tutup plastiknya bisa di-upgrade ke yang lebih kokoh supaya tidak mudah retak.

- Harganya masuk middle range untuk produk lokal dengan size hanya 20ml.






RECOMMENDATION

OASEA Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum direkomendasikan bagi semua jenis kulit. Bagi remaja, ibu hamil, dan ibu menyusui pun kalau berdasarkan ingredient list tidak masalah. Karena tidak ada exfoliating ingredient dengan konsentrasi tinggi. Memang masih ada fatty alcohol dengan presentase rendah. Tetapi bukan jenis bad alcohol yang harus dihindari. Kecuali jika memang ada riwayat alergi dengan alcohol jenis apapun.


Bagi yang kulitnya alergi dengan fragrance, ini juga aman digunakan karena tidak mengandung fragrance sama sekali. Buat kalian yang sedang berusaha mengatasi kemerahan, bekas kehitaman, warna kulit tidak merata, serta kulit dehidrasi, ini boleh banget kalian coba!





- Bintang Mahayana©️2021





Disclaimer
- Bukan dermatologist maupun skincare expert. Konsultasi silakan hubungi dokter.

- Produk didapatkan dari Early Access Try & Review dari Oasea sejak bulan Oktober 2021.

- Pemakaian produk AM-PM setiap hari selama 15 hari pemakaian.

- Hasil di setiap kulit kemungkinan terdapat perbedaan. Tergantung pada jenis kulit, kondisi lingkungan sekitar, hormon, dan juga rangkaian skincare pendukung produk.

- Dilarang merepost atau menggunakam sebagian maupun seluruh bagian artikel baik tulisan, foto, maupun infografik kecuali brand yang bersangkutan (Oasea).



Terima kasih sudah membaca review OASEA Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum yaa! :)




11 comments:

  1. Wah aku pikir ukuran 50ml ternyata 20ml yah. Keliatan gede soalnya kalo di foto. Emang sih kemasannya apik keliatan bagus menurut ku hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha yakaan keliatan gede gara2 tutup putihnya gede gitu. Padahal cuma 20ml. Hopefully nanti keluar yg 50ml versionnya hihi.

      Delete
  2. Filosofi brandnya keren yaaa, produk pertamanya aja udah menarik perhatian banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indeed! Ga sabar juga nungguin produk2 OASEA selanjutnya :)

      Delete
  3. Asli produk OASEA ini menarik bangeeet! Biphase juga isinya. Oh ya setuju sama Karin ternyata ukurannya ga Segede itu ya 😆 Kirain sebesar Lacoco Bakuchiol Essence

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahah iya Kak Lisa banyak yg terkecoh soalnya di foto keliatan gede gitu. Hopefully nanti keluar yg 50ml versionnya hihi.

      Delete
  4. Sekilas aku kira ini brand luar osea sekilas sama namanya, ternyata local brand ya ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi yes Kak Daisy. Ini brand adeknya Avoskin, Looke, sama Lacoco.

      Delete
  5. permasalahan kulitku selain PIH juga PIE nih mbaa, kalo face oilnya rutin digunakan lumayan juga ya progressnya

    ReplyDelete
  6. lowkey agree kalo produk kayak gini sizenya lebih besar ya kak, atau dibikin dua size deh yang mini untuk coba-coba 😆

    ReplyDelete
  7. Kalau pakai yg bi-phase gini rasanya skincare-an jd lbh praktis yah 🤩

    ReplyDelete

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.