Why AFS? - Ngapain sekolah SMA 4 tahun!


 Doumo!
Welcome to my first post on my new blog, peeps!
Di postingan ini gue mau sharing aja sih beberapa pengalaman gue exchange pas SMA dulu. Curhat lah bisa dibilang ya, whatsoever haha. Sejujurnya gue udah sekebal itu dapet pertanyaan-pertanyaan:

"Why AFS?"
"Emang gak rugi waktu apa SMA nya 4 tahun?"

AFS Japan 2012-2013 Tokyo First Orientation along with students from 82 countries worldwide
dan sederet pertanyaan serupa yang di klaim orang-orang bahwa keputusan gue 8 tahun yang lalu (wow iya beneran DELAPAN tahun yang lalu. cepet ya?) untuk apply program American Field Service (AFS) ini "bodoh". Buat yang belum tau apa itu AFS bisa lah mampir ke official website nya  AFS International  atau ke official website nya  Yayasan Bina Antarbudaya (YBA) Partner of AFS (AFS Indonesia).

Okay jadi awalnya kenapa sih gue repot-repot mau exchange segala? Gue ikut program AFS Japan 2012-2013. Ya kira-kira setahunan lah ya gue di host di sana. Tepatnya di Yokohama-shi, Kanagawa-ken. Terus kok gak udah aja selesein SMA 3 tahun terus ndang kuliah S1 aja? Banyak yang 'menuduh' gue bodoh karena menyia-nyiakan waktu SMA gue. Bilang kalau rugi lah temen-temen seangkatan gue dah kuliah semua. Beberapa habis lulus cepet gitu langsung keterima kerja. Sedangkan gue? Malah kudu seangkatan sama junior-junior gue sendiri dan masih pake seragam putih abu-abu. Aduh, dear people, let me tell you something:


1. Gue sendiri bingung loh waktu baru pulang itu ditanya "Keuntungannya ikut AFS apa selain bisa bahasa Jepang?" - menurut gue pertanyaan ini menohok banget sih saat itu. Seolah-olah amat gue ke Jepang biar pinter ngomong Jepang doang. Mbok ya les aja kenapa kalo gitu? 
2. Hanya karena gue lulus SMA belakangan, kan bukan berarti gue tinggal kelas apalagi gagal tho?
3. Ada banyak hal regarding to AFS things somehow people back home will never understand. Ga peduli gue jelasin sampe habis sebuku juga kalau Anda nggak pernah mengalaminya sendiri, ya nggak akan bisa merasakan esensinya. Banyak hal yang sulit dijelaskan tapi nyata.

Terus gue harus buat list apa aja yang udah didapet selama menjalani program AFS ini?
Baiklah. Sejujurnya postingan ini pun gue buat dengan harapan bisa menginsipirasi dan men-encourage adik-adik SMA kelas 10 yang mau apply program ini later.

1. Bahasa Ke-3

Kanji Class at School with other exchange
student from South Korea and USA.
Nggak bisa dipungkiri. Bahasa jadi faktor utama dan faktor paling eksternal yang orang lain lihat. Karena pasti kalian mikirnya ikut AFS ke Jepang ya pasti jadi lancar Bahasa Jepang, ya kan? Well, karena di sana kita bukan hanya belajar Bahasa Jepang. Tetapi, hidup dengan Bahasa Jepang. Apalagi dengan kemampuan Bahasa Inggris masyarakat sana yang rata-rata kurang begitu fasih (ditambah mereka juga kurang pede), yaudah mau nggak mau. Daripada kalo nyasar gabisa tanya jalan. Sedih lagi kalo ada emergency case kayak gempa. Misal kita kejebak dalam kereta, ya instruksi evakuasi nya pasti manual dalam Bahasa Jepang!

2. Networking
Temen-temen se chapter di Kanagawa.
Tempat ghibah gue lah you can say. Asli kalo ga ada mereka
my exchange life would be empty.
"Kalau ikut AFS ke Jepang jadi banyak dong temen-temennya orang Jepang?" 
Betul. Tapi kita di Jepang kan nggak cuma ketemu sama orang-orang yang warga negara Jepang doang. Temen-temen sesama exchange student pun termasuk dalam link networking kan? Satu chapter hosting gue di Kanagawa-shibu itu gue ketemu sama orang Belgia, Hungaria, China, Korea, Filipina, Thailand. Waktu ikutan acara Fuji Summer Camp 2012 di Gotemba, Shizuoka pas liburan musim panas lebih banyak lagi. Salah satu yang paling dekat sama gue adalah orang Perancis. Sumpah se-seneng itu sih soalnya selain Jepang waktu itu gue lagi otodidak belajar French. Asik banget lah bisa nanya-nanya langsung sama native speaker nya. Sampai dibilangin kalo ke Perancis tar gue suruh kabarin. Btw, rumah dia di Alps. Asik, kan, bisa dapet host family di daerah anti-mainstream. Secara, Perancis isinya bukan cuma Paris cuy haha. 

3. Learn Everything, Everyday
Kyuudo - Japanese Traditional Archery
Serius gue latihan 2x seminggu balik sekolah jam 3 sore-7 malem
baru boleh pegang Yumi (busur) sama Ya (anak panah) yang real
itu sekitar 6 bulanan. Jarak target 28 meter. Last day baru kena wk.
Sans sans. Jangan dibayangin kayak belajar pelajaran sekolah terus mantengin buku paket yang tulisannya kanji semua. Nope! I mean lo punya full access to learn about everything in your everyday life. Akan banyak moment "gue kira gitu, ternyata gini" atau "oh ada ya kayak gini di sini" dsb. Mostly happened by chance. Kenapa gue bilang gini? Soalnya sebagai exchange student lo selalu "dituntut" buat pro-active, banyak tanya, kepo. Ini serius. Kalo lo mau pasif aja, balik deh udah. Buang waktu doang. *pssst! Ini rahasia kenapa anak-anak AFS balik ke Indonesia rata-rata jadi cerewet bahkan extrovert.


4. Menjadi "Duta Negara" bagi Indonesia
Cuy ini bukan endorsement yak!
Seneng aja bisa nemu ini di Yokohama
Station. Lumayan praktis buat masakin
minna kalo pas ada acara Cookout Party
gitu. Yakali kan ribet banget cuy
kalo kudu iris2 bawang dulu wk.
Jangan kaget kalo mereka tau Singapore tapi gatau Indonesia. Kecuali lo sebutin Bali, baru ngeh dah tuh. Tapi jangan emosi kalo ditanya "Indonesia itu di sebelah mana nya Bali?" Gue rasa ini joke klasik semua returnee AFS/YES yang di hosted di negara manapun. Oke, ga usah baper. Justru ini kesempatan lo jadi Duta Negara Indonesia buat promosiin negara lo. Wishful Thinking nya, anggep aja lo semacam Miss Indonesia/ Puteri Indonesia gitu lah, ya (abaikan). Gue dulu saking geregetannya, akhirnya bikin klipping tentang Indonesia mulai dari posisi geografis sampe ke makanan-makanan tradisional nya di sketchbook A3. Jadi, setiap gue diundang (hazeeek) ke acara-acara buat sharing dan ngenalin budaya Indonesia gitu, gue cukup bawa sketchbook itu aja. Well, presentasi non-digital itu masih se-hype itu di Jepang. Bahkan, lebih terkesan kawaii dan mingled aja sih sama audience kita. Bisa liat TV Shows Jepang sering banget pake poster gitu. Semacam "fill in the blank". Padahal, itu negara kurang canggih apa teknologi nya? Pokoknya intinya, ga peduli lo masih 16 tahun, People see Indonesia as YOU!

5. Punya Keluarga Ke-2
With my Host Mother at Tanabata Matsuri (Star Festival)
 in Hiratsuka-shi, July 7th 2012 (just 2 days after my Sweet 17th)

Woiya jelas lah gila. Dianggep anak sendiri sama orang Jepang. Dibikinin obento tiap mau ke sekolah (daripada kemakan yang kagak halal esp for muslims). Diajak liburan pula. Sampai yang ngena banget tuh host mother gue bilang "Bintang, kalau nanti kuliah ke Jepang, tinggal di sini lagi aja ya" Haha sumpah ini bukan maksud kurang ajar, manfaatin "kosan gratis". Tapi lihat betapa generous nya mereka sebagai sesama manusia yang dipersatukan dengan kita atas dasar Humanity. Gue selalu bisa merasakan ketulusan orang-orang Jepang dalam setiap tindakannya. Mau jadi orang baik ya jangan nanggung, istilah kata. 


6. Feel Connected with the Locals
Kadang balik sekolah gue suka iseng aja ambil rute baru pulang ke rumah. Jalan-jalan di sekitar stasiun. Mampir ke toko-toko snacks (asli makanan ringan di sono yang hitz di Indo apalagi, rasanya gue pen borong bungkus bawa balik. Micin nya sono sugoi abis lah!). Ketemu tenant nya kemudian ditanya dari negara mana. Terus ngobrol, ketawa-ketiwi, pulang dikasih bonus. Haha sampe pernah ada toko cake favorit gue, ga jauh dari rumah hf gue. Saking si ibu nya tau gue suka banget chocolate cake nya, pas gue Sweet 17 dikasih bonus dong. Gue dibeliin chocolate cake yang large kan. Lah gue dikasih bonus chocholate cake yang slices gitu gatau berapa biji. Ditulisin "Otanjyoubi Omedetou Bibi-chan" gitu kan pake Hiragana. Yampun, kawaii :(

7. Feel the Undescribable Spiritual Atmoshpere
Pernah ngerasa kangen denger suara adzan (buat kalian yang muslim)?
Apalagi suasana sahur dan buka puasa pas Ramadhan. Shalat Tarawih - yang biasanya lo ke masjid tinggal ngesot dari rumah tapi pas di Indo mager nya ampun dah. Kemudian "ah gue solat di rumah aja".

Gue harus sahur sendiri, buka puasa juga. Jadwal makan malem di rumah hf gue jam 6 sore. Durasi puasa gue 16 jam (2 jam lebih lama dari di Indonesia). Gue sahur jam 2 pagi karena jam 3 dah imsak. Sedangkan ifthar nya? Jam 7 malem cuy. Allahu akbar lah. Seminggu pertama masih kaget tapi oke fine. Mulai pertengahan, gue kangen rumah. Tapi apa daya? Gue cuma bisa kirim2 email sama Papa. Telpon? Duh ga enak kalo kedenger Skype an. AFS juga gak rekomen kita sering-sering sekabaran sama orang rumah. Khawatir kita gak fokus sama kehidupan kita di Jepang. Bisa juga keceplosan curhat aneh2 kan ngeluarin unek-unek. Malah tar orang rumah salah paham lah. Sumpah gue aja ga berani nge blog. Blog lama gue sampe pernah di print out ama orang AFS gegara gue cerita pengalaman gue. Padahal gue gada sebut identitas atau parahnya jelek-jelekin HF kek temen-temen exchange gue yang lain hahaha. Tetep aja! Kenapa? Lebay amat. Well, orang Jepang sangat menjaga privasi mereka. Lo mau upload foto sama temen sekolah lo aja lo kudu ijin dulu. Gak kek kita, semakin aib, semakin merasa ada kewajiban buat posting foto temen. Penting kita nya gak aib. Iya apa iya? Well, balik ke cerita Ramadhan. Gue akhirnya sempet ke Shibuya di daerah Yoyogi Uehara. Dianterin Tarawih sama Host Dad. He told me:

"Bintang, I found a mosque in Tokyo. They said, they hold Tarawih Praying. Idk what it is but it seem important. I might not be able to send you off everyday. But, let me send you off this time. Do you want to go with me there?"
(Host Dad)

Behhh! Nangis bombay dong gue di kamar. Terharu setengah mati. Inget banget pulang ke Yokohama lagi dah jam 12 malem. Liat wajah beliau tidur pas di kereta tuh gue cuma bisa bilang dalam hati:
"Yaa Allah, tolong izinkan hamba punya umur panjang untuk bisa membalas kebaikan beliau. Seumur hidup hamba tidak akan pernah melupakan hari ini."

8. Accidentally Ketemu Orang Indonesia/ Related to Indonesia
Bayangin dong, gue berangkat solat Idul Fitri ke Sekolah Republik Indonesia (SRI) di Tokyo sendirian! Sampe stasiun gue ketemu rombongan perawat Indonesia di Jepang. Parahnya lagi pas mau solat, saf depan gue pas ternyata senior gue SMA. Senior gue itu mau kuliah di Hokkaido, tapi itu pas lagi baru sampe. Training Bahasa atau apalah tahap persiapan pokoknya, jadi masih di Tokyo. Pulangnya ke Kedubes, ikut open house. Gue yang sejak H-beberapa hari udah pasrah ga bakal makan opor ayam sama ketupat, malah dapet gratis dong? Bonus lapis legit pula. Btw, orang Indonesia yang tinggal di Jepang tenyata bejibun ya, cuy!

Terus, pernah pas balik sekolah. Gue di kereta JR kan. Tiba-tiba sebelah gue ibu-ibu Jepang badhay nan kawaii (Seriously her nail arts were so damn kawaii!)
Ketemu kakak-kakak yang lagi kerja dan S2 di Jepang.
Ini pas tarawih di Yoyogi Uehara Mosque. Baru gelar sajadah.
Tiba-tiba di "Assalamu'alaikum" in. Asli keajaiban Bulan
Suci Ramadhan banget lah ini moment.

"Sorry?"
"Hai" (ya refleks pake b jepang lah yaa) 
"Orang Indonesia ya?" (lah si ibu. saya udah siapin mental mau ngomong jepang tetiba dijawab B.Indo agak terkejod gimana gitu).
"Loh, ibu bisa Bahasa Indonesia?"
"Iya, saya pernah tinggal di Jakarta."
"Kok ibu tahu saya orang Indonesia?"
"Ya, saya tahu saja dari wajahnya"

Serius, muka gue masih se-Indonesia itu lah ya. Alhamdulillah gak dikira orang Asia Tenggara lainnya. (Apalagi dikira orang Arab/India kek pas jaman TK ampun dah ampe dipanggil Kajol Devgan - Anjali nya Kuch Kuch Hota Hai).
Singkat cerita jadi si ibu badhay-kawaii ini dulu tinggal di Pondok Indah, Jaksel 4 tahun karena ikut suaminya. Curhat lah kangen Jekardah. Kangen orang-orangnya yang baik dan ramah. Curhat lah, salut sama driver nya dulu. Orang nya sopan, baik, jujur, dan rajin. Ngeles lah gue ya, biar kedengeran sopan (orang Jepang kan super humble). Gue bilang kan enakan di Jepang sih. No macet no banjir. Tetep aja si ibu pengen balik ke Jakarta. 

9. Menjadi (at least) Setahun Lebih Dewasa daripada Teman Sebaya
Ini udah tuntutan wajib sih. Memang, bingungnya kadang lo tau kenyataan bahwa as a teenager "you're treated as a child, but expected to act like an adult" Ga kebayang? Gini deh. Di Jepang, sebelum lo umur 21 tahun, lo bakal tetep dianggep anak kecil no matter what (wes gausah protes!) Beda kalo di Indonesia lo umur 17 tahun, punya KTP, lo merasa Okay, I'm Official! Ga berlaku, cuy! Jadilah, dengan ego gue sebagai anak seventeen y.o kan masih menggebu-gebu banget tuh. Susah diatur wk! Tapi lo dituntut mandiri. Lo bisa ini bisa itu. Kayak pas hari pertama sekolah. Gue cuma ditemenin sekali, H-1 sekolah Day-1 tuh. Pas mau ketemu sama guru di host school kan. Hari pertama sekolah? Yodah! Naik kereta dan bis sendiri lah. Padahal itu pas rumah hf gue masih di Kawasaki. Perjalanan total 1 jam sekali jalan (udah bener-bener ngerasa tua di jalan lah gua). Mana kereta Jepang tepat waktu gila-gila an. Lo naik kereta berikutnya bisa-bisa telat setengah jam. Soalnya dulu gue naik kereta maks pk 07.10 (sekolah gue masuk pk.08.40) misal gue naik yang kereta berikutnya pk.07.20 gue sampe sekolah sekitar jam 9. Kan rese! But the result worth it banget. Gue jadi tau how to commute among Kanto Region lah at least. Kalau suatu saat balik ke Jepang lagi dah ga kaget kan? Lebih dari itu, lo harus selalu bisa bertindak dewasa bertanggung jawab atas apa yang lo perbuat, mengkompromikan perbedaan, menyelesaikan kesalahpahaman. 
Salju pertama 14 Januari 2013 9.00 am JST (Japan Time)
Gue dibangunin host mother karena gak setiap tahun salju turun di daerah Kanto (Jepang Timur)
terutama di kota-kota kayak Tokyo, Yokohama, dan sekitarnya.

Gue bukan mau nakut-nakutin. Tapi kehidupan AFS itu gak selalu seindah foto di brosur. Atau sesimpel liat foto para returnee di socmed mereka pada gegoleran, skating, atau makan salju. Intinya, Life of an Exchange Student is NOT always as beautiful as a Fairytale. Setiap student, even di host di chapter yang sama sekalipun pasti punya authentic experience she/he only can experience and understood. But the process worth you A Lifetime Lesson. Indeed.


10. The Experience Stucks with You for The Rest of Yourlife
Bennesse Art House, Naoshima
(by: Tadao Ando)
Peace Study November 2012
I dare to say, I wouldn't be myself today if I didn't had that magical year in life as an AFS Student.
Kayak apa ya. Itu kayak bakal sticked to your veins forever. Tiap denger apapun related to Japan, memori flashback lo langsung bekerja.



Semakin curious juga sama Jepang. Sepulang dari Jepang, gue malah makin serius nambah hafalan Kanji. Kalau orang sebut Jepang, alam bawah sadar gue cuma bisa bilang "I certainly need to go back there!" Gue juga percaya, when I'm getting older someday, I'm going to tell my kids and grandkids about this. Can't wait to hear their versions of this magical stories too :)

No comments:

Holla! Thanks for reading my post. Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan terkait konten. Komen spam, annonymous, maupun berisi link hidup akan dihapus. Centang "Notify Me" agar kalian tahu kalau komennya sudah dibalas, yaa!

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.