7 Alasan Kamu Harus Traveling ke Jepang Minimal Sekali Seumur Hidup!

Holla!
Dari judul postingan ini kalian pasti udah tau kan, kita mau bahas apa? Yup! Traveling.
Berikut 7 alasan yang mungkin bisa jadi inspirasi bagi kalian yang punya rencana traveling ke Jepang Buat kalian yang belum ada rencana ke Jepang, semoga bisa menginspirasi!

Image result for traveling to japan
Fushimi Inari-Taisha, Kyoto-Japan
Source: Lust 'Till Dawn


1. Jepang Cerminan Dunia di Masa Depan 
Image result for Tokyo Tower
Tokyo Skyscrapers
Source: Japan Rail Pass

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau Jepang dikenal sebagai salah satu negara dengan kemajuan teknologi yang pesat bahkan di antara negara maju lainnya. Kemajuan teknologi ini tidak hanya terbatas pada teknologi portable seperti gadget. Namun, teknologi dalam sistem transportasi, seperti Shinkansen atau Bullet Train. Jepang hadir sebagai salah satu negara yang memiliki sistem transportasi yang terintegrasi dengan baik antar kota. Bahkan antar prefektur. 

Image
Guiding Blocks Terangkat saat Banjir di Jepang
Source: twitter.com/IsskndrAriffin
Selain itu, Jepang juga punya sistem mitigasi bencana yang modern. Dengan menerapkan sistem sturktur elastis untuk menghindari kerusakan akibat beban horizontal yang diakibatkan oleh gempa bumi yang selalu terjadi sepanjang tahun. Selain itu juga, bencana alam yang baru ini terjadi, yaitu Hagishi Typhoon akibat kondisi cuaca yang ekstrem saat peralihan musim gugur ke musim dingin. Hujan lebat dan berangin yang mengakibatkan banjir di mana-mana. Namun, Jepang selalu punya solusi bagi setiap permasalahan ini dengan memanfaatkan teknologi yang dimilikinya. Bahkan, teknologi yang mungkin belum terpikirkan oleh negara-negara lainnya. Foto di samping adalah salah satu contoh mitigasi bencana banjir akibat cuaca buruk yang mencegah air untuk masuk ke dalam gedung. Guiding Blocks tidak hanya berfungsi sebagai petunjuk bagi kaum difabel. Namun, juga difungsikan sebagai pengaman. Faktor keamaanan inilah yang menjadi magnet bagi Jepang untuk tetap menjadi destinasi liburan favorit bagi para turis mancanegara. 



2. Berkunjung ke Jepang Membuat Kita Ingin Hidup Lebih Lama
Image result for elderly japan happy
Japanese Elderly Holding Hands
Source: Nikkei Asian Review
Jepang sebagai salah satu dari 5 negara dengan Usia Harapan Hidup tertinggi di dunia memiliki setidaknya 70% penduduk dengan usia non produktif ( >65 tahun). Lumrah kita temui para lansia berbelanja sendiri ke supermarket dengan berjalan kaki sambil membawa tas belanja yang mirip koper dorong kecil. Tak heran di transportasi umum, misalnya bus kota, lebih banhyak kita temui kursi prioritas. Melihat kebiasaan sehat orang Jepang yang masih berjalan kaki di usia lanjut dan banyak memanfaatkan transportasi umum untuk bepergian sehari-hari setidaknya mampu memberikan motivasi bagi kita untuk meniru kebiasaan baik tersebut. Siapa, sih, yang nggak mau panjang umur? Apalagi kalau liat Japanese Eldery Couples masih pergi ke manapun berdua sambil berjalan kaki. Terkadang juga sambil mengajak hewan-hewan peliharaan mereka. 


3. Festival Budaya Menakjubkan Sepanjang Tahun
Gambar mungkin berisi: kembang api, malam dan luar ruangan
Summer Hanabi Taikai
Source: Personal Documentation
Holiday in Japan will never flat! Bagaimana bisa membosankan kalau selalu ada festival budaya sepanjang tahun tergantung musim? Terutama saat musim panas (Natsu). Saat musim panas, cuaca cenderung cerah dan langit nyaris tidak berawan. Kondisi cuacanya memang bisa sangat ekstrem panasnya saat siang hari. Untuk daerah Jepang Timur seperti Tokyo dan Yokohama saja bisa mencapi 38 hingga 40 derajat celcius. Namun, festival tahunan seperti Tanabata Matsuri (Star Festival) setiap tanggal 7 Juli setiap tahunnya, sayang sekali untuk dilewatkan. Ada banyak street food yang bisa kamu coba dan pertunjukkan yang bisa kamu abadikan. Selain itu juga ada Hanabi Matsuri (Festival Kembang Api) yang berbeda-beda penyelenggaraannya. Foto di atas diambil pada bulan Agustus 2012 dalama acara Kanagawa Shinbun Hanabi Taikai (Kanagawa Newspaper Firework Festival) di kawasan Yokohama World Porters, Yokohama, Prefektur Kanagawa. Pada musim ini kalian juga bisa menyewa Yukata - pakaian tradisional Jepang mirip kimono tetapi lebih tipis yang digunakan saat musim panas.


4. Surga Dunia Kuliner di Asia Timur
Image result for tsukiji
Tsukiji Fish Market
Source: Bloomberg
Image result for only in japan
Kit Kat Japan Editions
Source : Time Out
Siapa yang tidak tahu Sushi? Nasi berbalut ikan segar dan rumput laut disajikan dengan Shoyu atau kecap asin khas Jepang yang mendunia. Tsukiji Fish Market adalah pusat pasar ikan terbesar di Jepang yang juga melayani ekspor dan impor ikan. Tsukiji merupakan destinasi wajib bagi turis yang datang ke Jepang untuk mencicipi kuliner serba ikan. Namun, tidak hanya itu. Jepang juga terkenal dengan produk snack kemasan yang mendunia. Salah satunya adalah cokelat Kit Kat. Eits tapi Kit Kat di Jepang beda, lho sama di Indonesia! Variannya jauh lebih banyak dan tentu saja packaging nya yang super unik dan Kawaii seperti bentuk Gunung Fujiyama. 



5. Menikmati Matahari yang Terbit Pertama Kali Setiap Hari

Related image
Diamond Fuji
Source: govoyagin.com

Never die without seeing the Diamond Fuji! Tidak harus Diamond Fuji pun kalian akan sangat beruntung bila menyaksikan matahari terbit setiap hari nya di Jepang. Mengapa begitu? Jepang sebagai negara yang terletak paling timur, berkesempatan untuk menyaksikan matahari terbit pertama di dunia setiap hari. Ini juga pernah dibahas di artikel lama soal mitos orang Jepang menyembah matahari ya hahaha. Bukan, itu tidak benar. Alasannya sesimpel ingin selalu bangun pagi untuk melihat The First Sunrise. Lebih beruntung lagi kalau kalian berkesempatan menyaksikan Diamond Fuji. Salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan fenomena langka ini adalah di Kawaguchi-ko Lake di Prefektur Shizuoka. 


6. Napak Tilas Sejarah Perang Dunia II di Hiroshima-Nagasaki yang Damai
Gambar mungkin berisi: langit, luar ruangan, air dan alamGambar mungkin berisi: langit, luar ruangan, air dan alam
Gambar mungkin berisi: langit, luar ruangan, air dan alam
View of Hiroshima Bomb Dome
Source: Personal Documentation
Belum pernah ada kota yang sedamai ini. Kalau ditanya kenapa, ya nggak tahu. Kalian bakal bisa rasain sensani calming and peaceful  nya kota-kota tersebut kalau sudah pernah berkunjung ke sana langsung. Kalau pengalaman pribadi sejujurnya baru ke Hiroshima. Buat gue, setiap jengkal kota ini punya cerita. Kota yang dulunya rata dengan tanah. Pusat perekonomian Jepang lama yang lumpuh seketika oleh bom atom. Sisa-sisa puing bangunan dan beberapa museum yang menawarkan multi-languange audio siap membawa kalian kembali ke masa lalu saat PD II. Ini juga yang menjadikan Jepang destinasi komplit untuk wisata. Tidak hanya menawarkan sensasi pengalaman ke masa depan. Namun, juga kembali ke masa lalu.


7. Banyak Hal yang Hanya Akan Ditemui di Jepang
Related image
Japanese Spa Offers Swimming in Red Wine
Source: elitereaders.com 

Bukan Jepang namanya kalau tidak unik! Selalu ada hal baru yang "ada-ada saja" kalau berkunjung ke Jepang. Bahkan cafe tempat nongkrong pun juga banyak yang tidak biasa dan hanya dapat kita temui di Jepang. Misalnya, Maid Cafe Akihabara, Street Fashion Harajuku, dan Onsen atau tempat pemandian air panas yang unik. Salah satunya adalah seperti contoh foto di atas, yaitu Onsen Red Wine. Wow! Only in Japan!


Jadi bagaimana? Ada rencana belibur ke Jepang selanjutnya? Have a nice journey in Japan!

No comments:

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.