Ribut Isu Cuplikan Ceramah "Wanita Shaleha itu BB nya 55 Kg" di Twitter

Twitter Battle
Source: https://cdn1.thr.com/sites/default/files/imagecache/landscape_928x523/2013/07/twitter_battle_a_l.jpg

Twitter sedang naik daun lagi. Mengulangi kesuksesannya di tahun 2009.
 Sekarang pengguna aktif Twitter meningkat lagi. Mungkin karena banyak yang mulai jenuh dengan Instragram - yang waluapun masih rame. Soalnya, kebanyakan pamer aja di Instagram.
 Beritanya ya dari story/ cuplikan. Tapi gak selepas di Twitter kalau mau cuap-cuap aka spamming. Spamming di Instragram masih bakal menuai banyak kritik. Kayak yang ngasih kritik kontennya udah paling faedah bagi sejuta umat aja.
  Padahal mah...ya ya gitulah.

Okay, jadi gue ga ngeaja pas online Twitter tadi nemu Tweet dari salah satu akun terverifikasi (Verified Account) yang tweet nya "menuju viral" soalnya Retweet nya gak banyak-banyak amat tapi replies nya bejibun. Termasuk gue juga yang reply salah satunya. Ini tweet nya gue copas tanpa menyebutkan username nya ya, khawatir privacy policy nya karena ini udah pindah ke blog, bukan Twitter lagi: 
ceramah knp harus bawa berat badan 🙄, sejak kapan urusan sholeha apa nggak dari berat badan.

Asal mula munculnya tweet itu karena kajian ini yang dipotong (cuplikan) menjadi satu menit dan disoroti pada bagian "Wanita Shaleha Beratnya 55 Kg". Silahkan tonton dulu kalau belom pernah nonton. Gue dah nonton ini video jauh sebelum tweet itu viral. Makanya gue berani reply karena gue tau emang maksud ustadz nya bukan ke sana. 


Nah, sama salah satu akun dakwah di Instagram kan jadi viral gegara yang di post di akun itu video nya ga lengkap. Sehingga, menuai kesalahpahaman sampe dibahas di Twitter. Banyak banget reply di dua kubu berseberangan. Kubu yang merasa ceramah itu sebagai "Penghinaan" dan kubu yang merasa ceramah itu sebagai "Gurauan". Ya okelah sensitif emang karena menyangkut fisik ya. Tapi coba lihat sisi positif nya dong. Jangan maen telen mentah-mentah ae apa yang di share di socmed. Belum tentu maksudnya se harfiah itu. Memang namanya ustadz muda ya, sasarannya emang para pemuda yang mau atau sedang berhijrah. Sehingga, bahasa dalam penyampaiannya pun kekinian dan yang paling mudah dimengerti generasi ini. Kalau yang nggak nyambung, yaaa sorry to say berarti kita beda generasi. Hehehe...
Dalam video itu kan dijelaskan bahwa Siti Aisyah (istri Rasulullah.SAW) itu keranda nya enteng soalnya beratnya cuma 55kg. Beliau merupakan wanita shaleha semasa hidupnya. Rajin beberes, banyak gerak. Kan, keringetan terus tuh. Sehat, makanya berat badannya ideal. Satu lagi yang "Cowok Sholeh itu harusnya Six Pack bukan One Pack" ya itu bahasa bercandanya aja. Padahal maksudnya merujuk ke postur tubuh Nabi Musa a.s kan gagah dan kekar gitu. Ummar bin Khattab juga. Makanya kan bisa ikutan perang. Logikanya aja sih. Beliau menegaskan kalau kita sebagai muslim/ muslimah itu ga boleh males. Harus menjaga penampilan. Orang soleh/solehah itu badannya keren. Bukan berarti yang genfut atau gak proporsional berarti gak soleh/solehah. Jangan dibalik gitu lah faktanya. Jadinya salah paham. Kan, namanya juga anjuran.

Segala bebawaan masalah medis, faktor genetik dan keturunan. Panjang kan bahasannya. Inti nya apa padahal. Jadi gak ketemu, ya tubir. Akhirnya inilah reply pertama gue yang di replied ama mbaknya:
Wkwkwk pernah nonton juga ceramah ust muda ini. Kayaknya maksudnya itu becanda sih. Memang perempuan yang digambarkan di situ se sholeha itu. Mungkin maksudnya supaya kita jaga BB seimbang karena ada pengaruhnya ke faktor kesehatan. Bukan masalah keimanannya.

Kemudian berlanjut di replied begini:
silakan disampaikan demikian kalo begitu, jgn bawa2 keimanan dgn berat badan. dan tau ga bahwa secara medis ada yg mmg berat badannya ga bisa ideal?
Coba, yang gak kesel siapa sih? Iya tau, tapi yang maksud in ke sana nggak ada mbaaaaak. Gue reply lagi berharap udah enough. Take the joke or just leave:
Ini sudah ada klarifikasinya. Sebelumnya juga sudah ada yg tweet screencapt ini. Memang saya akui sensitif konten nya karena menyangkut fisik seseorang. Tapi percayalah mbak, mksdnya bkn utk menghina.Beliau menggambarkan wanita tsb rajin beberes, banyak gerak makanya bbnya segitu
Yang lebih gue keselin, si akun dakwah bikin klarifikasinya gini doang:


Woyyy!! Sadar gasih lu tuh udah bikin Ustadz kena fitnah! Sadar gasih lu tuh bikin orang jadi berdebat akibat lo maen asal comot yang gue gatau ijin apa gak. Asik ya, numpang tenar dari ceramah Ustadz, kasih credit tanpa ijin, terus pas timbul konflik gini doang reaksi lo. Waini. Cukup! Akun dakwah kudu ada verifikasinya juga lama-lama. Bahaya kalo yang agamanya setengah-setengah salah-salah follow akun amatiran jadi salah paham. Sekian.




No comments:

Bintang Mahayana (c) 2018. Powered by Blogger.